Senin, 31 Agustus 2015

Ajining Dhiri Dumunung Ing Lathi, Ajining Raga Saka Busana

Ajining Dhiri Dumunung Ing Lathi, Ajining Raga Saka Busana. Artinya Ajining dhiri dumunung ing lathi (nilai pribadi terletak di bibir), ajining raga saka busana (nilai raga tercermin dari pakaian). Terjemahan bebasnya, nilai pribadi seseorang ditentukan oleh ucapan atau kata-katanya, sedangkan nilai penampilan sering diukur dari busana atau pakaian yang dikenakannya.


Nasihat diatas merupakan nasihan pada kita agar berhati hati terhadap tutur kata yang kita ucapkan, karena apa saja yang kita ucapkan dari mulut kitas, akan didengarkan, diperhatikan dan dipercaya oleh orang lain. Sehingga apabila kita sering berucap kebohongan, maka lama kelamaan orang lain akan kehilangan kepercayaan kepada kita. Seperti juga ketika kita sering mengucapkan kata kata menyakitkan orang lain, maka lama kelamaan kita akan kehilangan persahabatan, hal ini karena perkaatan kita yang menyakiti orang lain.

Selain ajining dhiri dumunung ing lathi, nilai seseorang juga dapat ditentukan oleh pakaiannya. Di dalam Jawa pakaian bukan saja sekedar penutup aurat, namun juga tolok ukur penampilan seseorang. Misalnya ketika menghadiri sebuah acara perkawinan dengan hanya mengenakan pakaian ala kadarnya, tentu akan menjadi rerasan, dianggap tidak menghargai yang punya hajat. Karenanya sebaiknya kita harus menyesuaikan diri penampilan kita sesuai dengan kegiatan yang akan dilaksanakan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar